Mengenal Down Syndrome

Gejala Down Syndrome

Penderita Down syndrome memiliki kelainan fisik khas, yang kadang bisa dideteksi sebelum lahir.

Buat orang tua yang ingin mengetahui bagaimana ciri bayi down syndrome agar lebih siap merawat mereka, berikut di bawah ini akan dipaparkan mengenai gejala down syndrome pada bayi, khususnya dari segi fisik yang khas. Adapun ciri fisik yang dimaksud, meliputi:

  1. Kepala Kecil

Kepala Kecil pada Bayi Down Syndrome

Ciri bayi down syndrome yang pertama adalah kepada mereka lebih kecil daripada kepala bayi secara umum. Untuk memastikan secara objektif, dokter dapat mengukur lingkar kepala dan melakukan plot pada kurva lingkar kepala anak.

  1. Mata Bagian Pinggir Melancip ke Atas 

Gejala down syndrome pada bayi juga dapat kita lihat dari matanya. Ya, ujung mata bagian samping melancip ke atas, tidak lurus seperti anak-anak kebanyakan. Ini merupakan salah satu karakteristik khas bayi dengan sindrom tersebut.

  1. Ada Bintik Putih pada Pupil Mata 

Ada Bintik Putih pada Pupil Mata pada Bayi Down Syndrome

Jika diperhatikan dengan saksama, sebagian bayi dengan down syndrome memiliki bintik-bintik putih pada bagian pupil mata mereka. Kondisi tersebut dinamakan brushfield spots.

  1. Letak Telinga Rendah 

Jika dilihat dari depan, letak telinga pada anak dengan sindrom tersebut berada di bawah garis mata. Pada anak normal, posisi puncak telinga seharusnya berada sejajar dengan garis mata.

  1. Hidung Bagian Atas Datar

Hidung Bagian Atas Datar pada Bayi Down Syndrome

Hidung bagian atas datar atau yang dikenal dengan istilah flat nasal bridge merupakan salah satu karakteristik yang sering ditemui pada mereka.

  1. Bentuk Telinga Tidak Normal

Sebagian anak dengan down syndrome memiliki bentuk telinga yang tidak normal. Bentuk tersebut bervariasi, namun tidak seperti anak normal lainnya.

  1. Bentuk Wajah Datar

Bentuk Wajah Datar pada Bayi Down Syndrome

Selain hidung, mereka juga memiliki wajah yang relatif datar. Hal ini dapat Anda perhatikan jika melihat wajah bayi dari samping. 

Akan tetapi perlu diperhatikan pula apakah wajah datar tersebut secara genetik mirip dengan orang tua atau tidak.

  1. Leher Pendek

Anak dengan sindrom ini memiliki leher yang lebih pendek dibandingkan dengan anak kebanyakan. Bahkan terkadang, jika diperhatikan, sebagian dari mereka memiliki lemak berlebih di bagian leher, sehingga lehernya terlihat dan terasa menggelambir.

  1. Lidah Besar

Lidah Besar pada Bayi Down Syndrome

Gejala down syndrome pada bayi selanjutnya adalah mereka memiliki lidah yang besar ditambah ukuran mulut yang relatif lebih kecil. Kondisi tersebut membuat lidah dan mulut mereka tampak tidak proporsional.

  1. Garis Tajam pada Telapak Tangan

Telapak tangan pada tangan anak dengan Sindrom Down memiliki sebuah garis tangan tunggal yang dalam. Ini disebut sebagai simian crease. 

  1. Jempol Kaki Terpisah Jauh dari Telunjuk

Jempol Kaki Terpisah Jauh dari Telunjuk pada Bayi Down Syndrome

Berbeda dengan anak normal, mereka memiliki jarak yang relatif jauh antara ibu jari dengan jari-jari kaki lainnya, terutama telunjuk. 

  1. Jari-jari yang Pendek dan Lebar

Anak dengan kelainan kromosom seperti ini memiliki jari-jari kaki dan tangan yang relatif lebih pendek dan lebar dibandingkan dengan anak normal.

  1. Pusar Berukuran Besar

Pusar Berukuran Besar pada Bayi Down Syndrome

Sebagian dari mereka juga memiliki pusar yang ukurannya lebih besar dan menonjol. Kendati demikian, ada pula anak yang memiliki pusar besar, tetapi tidak mengalami down syndrome.

  1. Perawakan Pendek

Bila diukur secara objektif, panjang badan pada anak yang mengalami kelainan kromosom seperti mereka cenderung lebih rendah dibandingkan dengan anak normal.

  1. Bergerak Lebih Pasif

Nah, selain soal fisik, perilaku bayi down syndrome terbilang lebih pasif. Pasalnya, mereka memiliki masalah hipotiroid, sehingga tonus otot mereka lebih lemah dibandingkan anak-anak secara umum.

Pengobatan Down Syndrome..>>

TERPOPULER

BERITA TERKAIT

Kunjungi Kodim 1412/Kolaka, Danrem 143/HO Resmikan Panti Asuhan ABRI

Tebarkan kebaikan dimanapun berada dan jauhi keburukan yang akan menjadi awal keburukan - keburukan lainnya

Kunker Perdana Di Woroagi, Danrem 143/HO Ingatkan Hal Ini

"Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dalam setiap pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Danrem.

Danrem 143/HO : Prajurit Harus Jadi Pelopor Di Tengah Masyarakat

Kita harus menjadi Prajurit TNI AD yang profesional harus menjadi Pelopor di masyarakat, hindari pelanggaran yang dapat merusak Citra TNI AD dan jaga selalu kehormatan Prajurit dimanapun berada

Tinjauan Vaksinasi Panglima TNI di Markas Komando Pangkalan Utama Angkatan Laut X Jayapura

Panglima TNI juga bertemu dengan seorang anak yang menderita asma, namun harus memiliki surat keterangan dokter karena tidak bisa melakukan vaksinasi covid-19. Surat keterangan tersebut dibutuhkan agar sang anak dapat mengikuti ujian sekolah. T